Jumat, 27 Juni 2014

Apa itu Bisnis Internet

Sesuai judul artikel ini, apa itu bisnis internet? Bisnis internet pada dasarnya adalah kegiatan untuk memasarkan produk atau jasa usaha anda melalui internet. Contoh yang paling sederhana adalah misalnya anda seorang pemilik sebuah toko baju. Sebelum munculnya internet, seluruh stok baju anda selalu dijual melalui toko. Supaya baju anda laku, orang-orang harus pergi ke toko anda untuk memilih dan membelinya. Promosi yang dilakukan pun juga seperti meliputi spanduk, brosur, menjadi peserta pameran, beriklan di media cetak dan lain-lain.

Namun, setelah internet muncul, beberapa orang hanya perlu membuat website untuk menjual produk dagangannya secara online. Sama seperti anda, anda dapat menjual baju anda secara online melalui internet. Sehingga konsumen tidak perlua harus ke toko anda, melainkan bisa memesan dari mana saja. Selain itu, dengan bisnis internet, anda dapat menjelajah pasar luar negeri tanpa perlu keluar negeri. Perihal pembayaran pun bisa dilakukan melalui bank tertentu, dan produk yang dipesan akan dikirim melalui jasa ekspedisi. Dalam hal promosi, anda sebagai pebisnis melalui internet mencakup cara promosi yang lebih luas karena tidak membutuhkan bentuk fisik dan dana yang terlalu besar.

Dalam memulai bisnis melalui internet ini, hal pertama yang pasti anda butuhkan adalah sebuah computer, laptop, atau barang elektronik lain yang akan memudahkan anda mengurus lapak dagangan anda secara online. Kemudian hal terpenting yang kedua adalah koneksi internet, apabila anda tidak dapat terhubung ke internet, bagaimana bisa jualan? Yang ketiga adalah tentukan aspek bisnis apa yang akan anda jalankan? apakah jualan toko online? bermain forex trading? jualan ebook? ikut program afiliasi? atau bisnis sejenis lainnya.

Apabila ketiga hal tersebut telah siap, maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah membuat website atau blog gratisan pun cukup. Hal ini diperlukan supaya anda dapat memberitahukan identitas usaha anda, produk yang anda jual, jasa yang anda tawarkan. Namun yang pasti, tetap ingat bahwa tidak ada suatu bisnis yang sukses dengan cara instant dan cepat. Buat dan langsung sukses adalah mustahil, yang ada adalah butuh kerja keras dalam membangun sebuah usaha. Apabila anda mengerti konsep ini, maka anda pun sadar bahwa anda harus mempromosikan bisnis anda juga di Internet. Sebab buat apa website yang bagus tanpa pengunjung, hal tersebut bagai lapak tanpa pembeli.

Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan dalam mempromosikan website anda adalah menggunakan Jasa SEO, ataupun jasa lain yang berguna untuk membuat produk anda dikenal banyak orang. Pada dasarnya, orang yang berbisnis online menggunakan jasa SEO, sebab dengan jasa ini maka website anda akan kedatangan banyak pengunjung karena mudah ditemukan di Google. Namun cara lain yang efisien pun juga sudah ditemukan melalui sosial media seperti facebook dan twitter. Lewat facebook dan twitter pun anda dapat menjual lapak dagangan anda melalui iklan facebook yang sering muncul di sidebar kanan anda.

Sebenarnya banyak hal yang harus dikupas mengenai bisnis di internet ini, namun hal-hal diatas sudah cukup untuk membuka was-was an anda perihal membuka bisnis dengan merambah dunia online. Siapapun bisa mencoba bisnis ini, tidak terkecuali anda sekalipun. Banyak orang yang telah meraup keuntungan lewat bisnis internet ini. Tidak ada yang mustahil bagi anda untuk berhasil lewat bisnis internet ini, asalkan anda tidak putus asa, maka anda pun akan menjadi salah satu mereka yang telah sukses dalam bidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar