Kamis, 12 Juni 2014

Maksud dari Sistem Inventory atau Persediaan Barang

Dalam sebuah perusahaan yang besar, tentu dikenal suatu istilah dengan nama Inventory atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah persediaan. Istilah ini ialah merupakan suatu aset bentuknya berupa barang-barang yang dimiliki oleh perusahaan untuk dijual dalam menjalankan perusahaan ataupun barang-barang yang masih dalam proses pembuatan.

Terkait pandangan Freddy terhadap persediaan atau inventory adalah Perseidaan merupakan menyangkut bahan-bahan, atau bagian yang disediakan, dimana bahan-bahan tersebut bisa dalam proses perushaan untuk memproduksi sesuatu, ataupun barang-barang jadi ataupun produksi yang disediakan supaya dapat memenuhi permintaan dari para pelanggan setiap saat."

Dari pernyaataan tersebut dapat simpulkan bahwa inventory disini merupakan bahan-bahan atau bagian yang disediakan yang akan digunakan dalam proses produksi ataupun barang jadisupaya dapat memenuhi permintaan dari para konsumen setiap saat dimana disimpan dan dirawat sesuai aturannya agar selalu dalam keadaan siap digunakan serta tersimpan dalam database atau sistem inventory.

Bagi perusahaan tertentu, tentu barang-barang atu bahan yang digunakan berebda-beda tap jenisnya. Sehingga bahan bahan-bahan tersebut dapat dibagi menjadi 5, yakni :
  1. Persediaan Bahan Baku.
  2. Persediaan Bagian Produk.
  3. Persediaan Bahan-baku Pembantu.
  4. Persediaan Bahan Setengah Jadi.
  5. Serta Persediaan Barang Jadi yang siap dijual ke khalayak luas
Sehingga apabila suatu perusahaan memiliki berbagai macam hal atau bahan yang dibutuhkan untuk menoperasikan perusahaan, tentu perusahaan yang bergerak dalam produksi maupun retail wajib memiliki perangkat aplikasi yang handal untuk membantu anda mengoptimalkan bisnis dengan mudah dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar