Kamis, 12 Juni 2014

Mengunjungi Wangsit Mandala dengan Rental Mobil Bandung

Salah satu tempat wisata menarik yang terletak di Bandung adalah Museum Wangsit Mandala Siliwangi, museum ini terkenal karena sejarahnya yang melegenda, dapat dilihat dari nama museumnya sendiri.

Nama museum ini diambil dari nama seorang pendiri Kerajaan Pajajaran dimana pada jamannya dahulu kekuasaanya tidaklah terbatas, konon dari kabar yang beredar, raja Siliwangi adalah raja yang arif dan bijaksana serta berwibawa dalam menjalankan pemerintahaannya, sedangkan arti dari nama Mandala Wangsit museum ini adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, yang berarti menjaga nasihat dari pejuang masa lalu sampai kepada generasi penerus melalu benda-benda peninggalan mereka.

Museum ini pun terletak di sebuah jalan yang bernama Jl. Lembong, nama in diambil dari nama Letkol Lembong, yang merupakan salah satu prajurit Siliwangi yang menjadi korban pada Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil. Sebelum diberi nama Jl. Lembong, jalan ini sebelumnya dinamakan Oude Hospitaalweg.

Museum ini memiliki gaya arsitektur late romanticism karena dibangun pada tahun 1910-1915, yaitu pada jaman kolonial Belanda dimana digunakan sebagai tempat tinggal perwira Belanda. Setelah kemerdekaan dari penjajah di tempat ini, maka bangunan ini diambil alih oleh pasukan Siliwangi dan dijadikan sebagai markas Diusisi Siliwangi pada tahun 1949-1950. Bangunan ini memiliki luas 4.176 m2 dimana luas bangunannya sebsesar sepertiga lebihnya (1.674 m2).

Dan pada tanggal 23 Mei 1966, bangunan ini menjadi Museum Wangsit Mandala Siliwangi diresmikan oleh Kolonel Ibrahim Adjie selaku Panglima Divisi Siliwangi ke 8. Memasuki Tahun 1979, gedung baru pun dibangun di tempat ini sehingga menjadi tingkat 2 dan diresmikan pada tanggal 10 November 1980 oleh Mayjen Yoga Sugama selaku Pangdam Siliwangi ke 15 dan Presiden RI Soeharto mengambil peran menandatangani prasatinya.

Ada berbagai macam benda peninggalan masa lalu di Museum ini, seperti benda-benda yang digunakan oleh pasukan Kodan Siliwangi, kemudian ada juga senjata primitif seperti tombak, panah, keris kujang, bahkan bom Molotov. Tidak hanya itu, beberapa senjata modern seperti panser rel (buatan Indonesia), meriam, dan kendaraan lapis baja juga terdapat di tempat ini.

Jangan lewatkan kesempata untuk mengunjungi tempat ini, apabila anda berada di Bandung. Berbagai agen tour dan travel menyediakan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata, ataupun bila anda malas pergi bersama rombongan, menggunakan rental mobil Bandung merupakan pilihan terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Selain itu, anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata lain di tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar