Minggu, 25 Mei 2014

Wisata Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan salah satu objek wisata yang telah menjadi andalan Indonesia sejak dinobatkan menjadi 7 keajaiban dunia yang baru. Wisata Pulau Komodo sendiri terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Kawasan ini seluas 1.817 km2 ini dijadikan Taman Nasional oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1980, dan kemudian pada tahun 1986 diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Tidak hanya pulau Komodo, namun juga bersama dua pulau besar lainnya, yaitu Pulau Rinca dan Pulau Padar, Pulau Komodo ini dan juga beberapa pulau kecil di sekitarnya selalu dipelihara sebagai tempat tinggal asli dari reptil yang dijuluki “Komodo Dragon” ini.

Kadal raksasa atau komodo ini menurut kabarnya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1912 di harian nasional Hindia Belanda. Seseorang bernama Peter A. Ouwens, selaku direktur Museum Zoologi di Bogor merupakan orang pertama yang berjasa dalam mengenalkan komodo ini kepada dunia lewat papernya itu. Semenjak saat itu, banyak ekspedisi dan penelitian-penilitan yang dilakukan terhadap spesies langka ini hingga sekarang.

Berkat kelestarian Taman Nasional ini, saat ini banyak wisatawan yang datang dapat berkunjung dan melihat langsung kehidupan reptil purba ini dari dekat. Dengan memiliki panjang tubuh sekitar 2-3 meter, komodo ini dapat memiliki berat antara 70 hingga 100 kilogram. Hewan ini menyukai tempat yang panas dan juga kering, dimana hidup di habitat sabana atau hutan tropis pada ketinggian rendah. Apabila malam telah tiba, komodo akan bersarang di suatu lubang dengan kedalaman antara 1 sampai 3 meter bersamaan dengan menjaga panas tubuhnya di malam hari.

Komodo merupakan reptile karnivora yang berada di puncak rantai makanan, mangsa Komodo antara lain kambing, rusa, babi hutan, dan burung. Pada suatu kondisi tertentu, Komodo ini dapat berperilaku ganas dan bahkan dapat memangsa Komodo lainnya. Komodo dapat mencium bangkai mangsanya hingga sejauh 9 kilometer dengan menggunakan indera penciuman yang terletak lidahnya.

Gigitan dari Komodo ini mengandung bisa dan juga bakteri yang mematikan, ditambah dengan cakar depannya yang tajam semakin menambah title buas pada reptil ini.  Disamping itu, komodo bahkan memiliki kemampuan untuk berlari 20 kilometer per jam dalam jarak yang pendek, memanjat pohon, berenang, bahkan menyelam di laut.

Apabila anda mengunjungi pulau Komodo, anda akan takjub akan keunikan dari salah satu dinosaurus yang masih hidup sampai sekarang. Selain menikmati tingkah komodo dari dekat, anda dapat menikmati dunia bawah air di utara pulau ini. Hal ini tentu menjadi nilai tambah dari salah satu 7 keajaiban dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar